Minggu, 06 Agustus 2017

Cara Praktis Bayar Listrik Lewat Layanan Bank BCA

BY Unknown IN , , , , No comments

Listrik sudah menjadi kebutuhan primer bagi kita saat ini. Tanpa dukungan dari energi yang satu ini, sebagian besar aktivitas harian kita mungkin akan menjadi lumpuh. Mulai dari penerangan, listrik pendukung pekerjaan, hingga komunikasi. Bahkan untuk menanak nasi saja, saat ini para ibu sudah sangat bergantung pada mesin penanak nasi otomatis yang proses kerjanya membutuhkan listrik.
Di Indonesia, kita mengenal dan sudah sangat familier dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN) sebagai pemasok utama listrik untuk masyarakat dari Sabang sampai Merauke. Jika beberapa dekade yang lalu kita harus mengantre untuk membayar tagihan listrik di kantor PLN secara langsung, kini proses membayar tagihan listrik sudah sangat canggih dan mudah dilakukan dengan berbagai cara.
Pihak perbankan dan sejumlah industri jasa pun membangun kerja sama dengan PLN untuk mempermudah para pelanggan melakukan transaksi pembayaran listrik, salah satunya adalah Bank Central Asia (BCA).
Bayar Listrik lewat Layanan Bank BCA dapat dilakukan dengan mudah dan aman. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu pembayaran listrik lewat ATM BCA, pembayaran listrik lewat Mobile Banking BCA, hingga pembayaran listrik lewat Internet Banking BCA.
Bayar Listrik lewat Layanan Bank BCA

Cara Praktis Bayar Listrik Lewat Layanan Bank BCA

Bayar Listrik Lewat ATM BCA

Bayar Listrik Lewat ATM BCA
Dengan tersebarnya sekitar 14.000 unit mesin ATM BCA di seluruh Indonesia, seluruh nasabah tidak akan kesulitan menemukan ATM BCA untuk melakukan berbagai transaksi, termasuk transaksi pembayaran tagihan listrik.
Jika kamu kebetulan sedang berada di tempat yang terdapat mesin ATM BCA dan baru teringat bahwa belum sempat membayar tagihan listrik, kamu bisa langsung melakukan pembayaran listrik lewat ATM BCA. Caranya sangat mudah, lho. Berikut langkah-langkahnya.
  1. Masukan kartu ATM BCA kamu ke mesin ATM.
  2. Pilih salah satu bahasa yang ingin kamu gunakan.
  3. Masukkan password ATM milik kamu.
  4. Pilih menu ‘Pembayaran’
  5. Selanjutnya, pilih menu “Listrik/PLN”.
  6. Lalu, pilih menu ‘Pascabayar’
  7. Masukkan 12 digit ID pelanggan.
  8. Di layar mesin ATM akan muncul total biaya yang perlu dibayar sesuai besarnya tagihan.
  9. Di layar ini akan muncul juga konfirmasi identitas lengkap dari pelanggan selain informasi total biaya.
  10. Tekan ‘YA’, dan transaksi kamu berhasil dilakukan.
  11. Setelah transaksi selesai, kamu akan mendapatkan struk pembayaran, sebagai bukti kamu telah menyelesaikan kewajiban membayar listrik di bulan tersebut.
Cukup mudah, bukan?

Bayar Listrik Lewat Mobile Banking BCA
Bayar Listrik Lewat Mobile Banking BCA
Kamu memiliki ponsel pintar atau smartphone? Hal ini akan semakin memudahkan kamu dalam melakukan transaksi bayar listrik lewat Mobile Banking BCA. Cukup dengan mengunduh aplikasi Mobile Banking BCA di platform Android dan iOS.
Setelah kamu mengunduh aplikasi Mobile Banking BCA, kamu masih harus mendaftarkan diri sebagai pengguna Mobile Banking BCA. Proses pendaftarannya hanya perlu dilakukan satu kali melalui mesin ATM BCA atau kantor cabang BCA Terdekat.
Jika nomor rekening kamu sudah terdaftar, selanjutnya, setiap bulan, kamu bisa menggunakannya untuk melakukan berbagai transaksi online, termasuk di antaranya transaksi pembayaran listrik PLN.
Berikut ini adalah langkah yang harus kamu lakukan dalam melakukan transaksi bayar listrik lewat Mobile Banking BCA
  1. Pilih menu “m-BCA” di ponsel Kamu dan tekan OK/YES
  2. Pilih menu “m-Payment” dan tekan OK/YES
  3. Pilih menu “lainnya” dan tekan OK/YES
  4. Masukkan “Kode Nama Perusahaan” yaitu “PLN” dan tekan OK/YES.
  5. Masukkan nomor pelanggan dan tekan OK/YES
  6. Masukkan PIN m-BCA Kamu dan tekan OK/YES
  7. Masukkan Jumlah Bayar dan tekan OK/YES
  8. Jika kamu memiliki lebih dari 1 (satu) rekening yang terhubung dengan m-BCA, pilih nomor rekening yang akan digunakan, kemudian tekan OK/YES
  9. Pastikan data-data transaksi yang muncul di layar konfirmasi telah benar. Jika benar, tekan OK/YES dan lanjutkan ke No. 10. Jika tidak, diamkan selama beberapa saat sampai message tersebut hilang dan otomatis transaksi tersebut akan dibatalkan
  10. Masukkan PIN m-BCA Kamu dan tekan OK/YES
  11. Setelah beberapa saat, kamu akan menerima message yang berisi informasi transaksi transfer kamu “Berhasil” atau “Gagal”.
Dengan membayar listrik lewat Mobile Banking BCA, kamu tak perlu repot-repot lagi keluar rumah dan mengeluarkan biaya transportasi ke kantor PLN untuk melakukan pembayaran listrik. Kapan pun dan dimana pun kamu, membayar listrik menjadi lebih mudah.

Bayar Listrik Lewat Internet Banking BCA (KlikBCA)

Bayar Listrik Lewat Internet Banking BCA (KlikBCA)
Selain dengan menggunakan Mobile Banking, kamu juga bisa melakukan transaksi pembayaran listrik melalui Internet Banking BCA di situs. Namun sebelumnya, kamu harus memiliki alat bernama KeyBCA. Kamu bisa mendapatkan KeyBCA ini di kantor cabang Bank BCA terdekat. Setelah kamu memiliki Key BCA, kamu bisa melakukan berbagai transaksi, termasuk membayar tagihan listrik. Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya.
  1. Akses laman website klikBCA.com
  2. Pilih menu “Login Individual”
  3. Login dengan menggunakan akun milik kamu
  4. Pada menu yang muncul di layar, pilih “Pembayaran Listrik/PLN”
  5. Silakan masukkan nomor ID pelanggan PLN milik kamu, lalu beri centang pada bagian yang bertuliskan “Simpan ke Daftar Pembayaran”.
Hal ini perlu dilakukan agar jika di lain waktu kamu ingin melakukan pembayaran listrik melalui KlikBCA lagi, kamu sudah tidak perlu lagi memasukkan nomor ID pelanggan PLN. Jika nomor rekening yang kamu daftarkan lebih dari satu, pilih salah satunya pada bagian “Dari Rekening”. Klik lanjutkan.
  1. Di layar, akan tampil data pelanggan berdasarkan nomor ID yang kamu masukkan sebelumnya. Selain itu terdapat total tagihan listrik yang harus kamu bayarkan.
  2. Bila informasi yang tertera di layar kamu telah kamu anggap benar, silakan nyalakan alat KeyBCA milik kamu.
Setelah PIN dimasukkan, silakan tekan tombol 1 dan akan tampil 8 angka sebagai respon otomatis dari KeyBCA. Masukkan angka-angka tersebut pada bagian “RESPON KEYBCA APPLI 1”
  1. Klik Kirim, dan transaksi telah berhasil dilakukan.
Kamu pun akan mendapatkan konfirmasi secara otomatis melalui email. Jika kamu ingin mencetak bukti pembayaran melalui mesin printer, silakan pilih “Cetak” yang terdapat di bagian bawah.
Bayar Listrik lewat Layanan Bank BCA memberikan kemudahan bertransaksi. Kamu pun tidak perlu lagi repot-repot antre di kantor PLN.
SEMOGA BERMANFAAT

0 komentar:

Posting Komentar